Skip to main content

Sastra Inggris? Mau Jadi Apa?




kuliah sastra inggris
Sastra Inggris, Mau Jadi Apa?


"Budi      : Kuliah? Jurusan apa ya? Wah bingung nih...ambil Sastra Inggris kayaknya menarik
Brandon : Wah apa itu Sastra Inggris bro? Mendingan les bahasa Inggris aja mah kalo pengen pinter bahasa Inggris"
Yap! Percakapan antara 2 orang yang memliki awalan nama huruf B (Budi-Brandon) diatas sudah sering terdengar di kalangan masyarakat umum. Menurut BukanBerkilah hal tersebut tidaklah salah. Mungkin hanya dikarenakan mereka (yang beranggapan seperti Brandon) itu memang belumlah terlalu tahu dengan yang dipelajari di perkuliahan jurusan Sastra Inggris. Kali ini dengan penjelasan singkat ala BukanBerkilah yuk kita kupas tuntas tentang apa sih Sastra Inggris itu? Mau jadi apa kalau kuliah Sastra Inggris? Langsung aja simak coretan singkat berikut ini sobiwan-sobiwati yang selalu gw cintahhhh (lebay dikit gapapa).

Apa itu sastra?
Sastra itu merupakan sebuah karya tulis atau hasil dari pola pemikiran manusia yang memiliki nilai estetika, artistik, dan keaslian.

Apa aja sih contoh-contoh karya sastra?

pantun/sajak, puisi, prosa (cerpen, novel, cerbung), drama/teater, dan masih banyak lagi.

Apakah sastra erat kaitannya dengan bahasa?

Pastinya sob! Bahasa adalah media untuk menyampaikan sastra. Karena, fungsi dari bahasa itu sendiri adalah sebagai media berkomunikasi. Setiap negara punya bahasa tersendiri, sehingga sastra tiap negara pun berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri. Sama halnya dengan satra Inggris yang merupakan buah dari bahasa Inggris.


Gimana? Sobiwan-sobiwati udah paham kan tentang apa itu sastra? Oke, setelah tau tentang apa itu sastra, kita lanjut ke Sastra Inggris itu sendiri sob.



Mengapa bahasa Inggris penting?

Jawabnya simpel aja kalo ini. Karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Jadi, secara tidak langsung, kalau ingin berkomunikasi dengan mereka yang berbeda negara dan berbeda bahasa, ya dengan Bahasa Inggris ini kuncinya sob.

Mengapa harus kuliah sastra Inggris kalau sudah ada kursus bahasa Inggris?

Oke, langsung aja lihat perbedaan antara kuliah Sastra Inggris dengan Les Bahasa Inggris berikut ini sobiwan-sobiwati.
Kuliah:


1. Difokuskan untuk menjadi lulusan yang mahir dalam segala aspek berbahasa Inggris, berkarya sastra dalam bahasa Inggris, dan mengetahui seluk-beluk kebudayaan Inggris.

2. Kalau kalian kuliah di sastra Inggris, kalian akan diajarkan beragam ilmu, seperti: grammar, vocabulary, basic skills (reading, writing, listening, speaking), linguistic, morphology, phonetic, pronunciation, kajian sastra, kritik sastra, ilmu kesusastraan, budaya Inggris, drama, dan masih banyak lagi sob.

3. Sobiwan-sobiwati gak cuma belajar bahasa, tetapi kalian juga akan tau tentang sastra, budaya, dan seluk-beluk negara berbahasa Inggris.


4. Yang paling penting adalah, mahasiswa Sastra Inggris itu diajar oleh dosen yang sudah berpengalaman dalam mengajar bahasa Inggris, sudah bersertifikasi, baik dari dalam maupun luar negeri.
Kursus bahasa Inggris:


1. Fokusnya hanyalah mencapai target-target tertentu, seperti: lulus UN, lulus TOEFL, dan bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

2. Keterampilan dasar yang diajarkan pun hanyalah materi skill bukan termasuk materi keilmuannya. Yang diajarkan di kursus/les Bahasa Inggris itu hanya seperti: ;listening, reading, writing, speaking, grammar dan vocabulary.

3. Lebih terfokus pada pengembangan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.
Hanya mempelajari bahasa Inggris saja.

 4. Dan yang perlu sobiwan-sobiwati tahu adalah, mereka para pengajar di lembaga kursus/les biasanya "kebanyakan" adalah berstatus mahasiswa yang masih berkuliah..

Tapi, jurusan lain juga mempelajari bahasa Inggris kan? Kalau gitu rugi dong!

Yap, jurusan lain juga mempelajari bahasa Inggris. Tapi hanya bahasa Inggris dasar sebagai bekal untuk TOEFL dan tes kemampuan berbahasa Inggris. Yang mereka pelajari tidak sedalam dan sedetail apa yang dipelajari di jurusan sastra Inggris.

Gimana sidah tau kan kelebihan kuliah Sastra Inggris daripada Les bahasa Inggris? Oke, kita lanjut ke penjelasan mengenai prospek lulusan Sastra Inggris yuk. Simak kajiannya di bawah ini sob.

sastra inggris kuliah
Anak Sastra Keren


Apa gelar yang diperoleh saat lulus dari jurusan sastra Inggris?
  1. Fakultas Sastra / Fakultas Bahasa dan Seni =  S.S. (Sarjana Sastra)
  2. Fakultas Ilmu Budaya =  S.Hum. (Sarjana Humaniora)

Apa saja prospek kerja lulusan sastra Inggris?

1.  Dunia Pendidikan : Sebagai pendidik bahasa Inggris, menjadi dosen di universitas. Btw, cita-cita gw juga pengen jadi dosen, hehe. Lagi mau lanjut S2 ini, mohon doanya juga ya sobiwan-sobiwati.

2. Dunia Penerjemahan : Sebagai penerjemah naskah-naskah sastra atau teks berbahasa Inggris/berbahasa Indonesia. Bisa pula sebagai interpreter, yang langsung bertatap muka dan menerjemahkan secara lisan. Menjadi penerjemah ini seru lho, gw pun pernah merasakannya, pengalaman pertama gw menerjemahkan yaitu menerjemahkan resume untuk Thesis seorang mahasiswa untuk meraih gelar S2 nya. Diupah berapa? masih tergolong kecil kalau dibanding penerjemah ulung yang sudah terkenal. Seinget gw waktu itu, per lembar nya gw dapet Rp 10.000. Total halaman ada sekitar 25 halaman. Ya lumayan lah buat pengalaman pertama, hehe.

3.  Dunia Pariwisata : Sebagai pemandu wisata yang memandu turis-turis Barat yang tidak bisa berbahasa Indonesia, namun bisa berbahasa Inggris. Ini juga lahan banget nih buat mereka yang kuliah sastra Inggris. Kawan kampus gw pun ada yang jadi pemandu wisata. Gajinya? menurut dia yang masih terbilang awal memulai karir sebagai pemandu wisata, dia dapat paling sedikit Rp 300.000 per 16 jam. Lumayan kan?

4.  Dunia Percetakan : Sebagai penulis, editor, periklanan, dan copy-writing. Teman kuliah gw pun juga ada yang jadi penulis. Lumayan juga lho, per 1 artiket dia di gaji Rp 6.000 sob. Untuk ukuran pemula, menurut gw, itu sudah jauh diatas kata lumayan.

5.  Dunia Bisnis : Sebagai sekretaris, sebagai marketing, salesman, bidang ekspor-impor.

6.  Dunia Jurnalistik : Sebagai reporter, wartawan, tim kreatif, penyiar (broadcaster). Nah, ada juga kawan kuliah gw yang pernah jadi penyiar radio. Gw juga sempet pernah ikut seleksi sih, cuma gak ketrima, huhu. Mungkin karena suara gw terlalu cetar membahana kali ya?

7. Dunia Sastra : Sebagai kritikus sastra, ahli sastra, ahli bilingual, peneliti bahasa dan sastra.

8. Dunia Kepemerintahan : Sebagai diplomat, bekerja di Departemen Luar Negeri, sebagai PNS dan lain sebagainya. Jadi diplomat? Wow! Keren banget itu sob. Jujur, gw juga pengen lho jadi diplomat, hehe.

9. Dunia Kewirausahaan : Sebagai pemilik usaha. Nah, ini yang juga jadi rencana jangka panjang gw, hehe. Mohon doanya ya sobiwan-sobiwati biar nantinya kalau jadi punya usaha, bakalan jalan dengan bener usaha yang akan gw rintis.

10. Dunia Perbankan, Dunia Industri Kreatif dan masih banyak lagi sob!


mahasiswa sastra inggris
Bangga Jadi Anak Sastra Inggris



Oke, dari penjelasan diatas apakah sobiwan-sobiwati ada yang tertarik untuk belajar/kuliah di Sastra Inggris? Hehe. Sekedar informasi, gw pun juga kuliah di jurusan ini lho. Makanya di atas gw juga kasih pengalaman gw dan kawan-kawan gw yang meraup pundi-pundi uang halal dari jurusan penuh berkah ini, hehe.
Kalau ada yang pengen sobiwan-sobiwati tanyakan, bisa lewat komentar dibawah. Semoga menginspirasi.

Good Luck!

Comments

Populer

Pengalaman Beli Tiket Kereta Api Go Show

Pengalaman Beli Tiket Kereta Api Go Show Pada masa sekarang setujukah sobiwan-sobiwati dengan pendapat BukanBerkilah bahwa kemajuan era transportasi Indonesia sudah terbilang sangat pesat? Menurut BukanBerkilah , semua jenis transportasi baik darat, laut dan udara sudah mengutamakan kenyamanan para penumpangnya. Terutama kemajuan pelayanan pada transportasi darat berjenis Kereta Api. Sobiwan-sobiwati inget kan jaman dulu kalau kita ingin bepergian menggunakan kereta api kita harus membeli tiket melalui reservasi tiket di stasiun terdekat. Nah, sekarang, di jaman yang serba online, PT KAI selaku pengelola Kereta Api di Indonesia pun juga mempermudah akses bagi penumpangnya lho sob. Yap! Sekarang, kita bisa melakukan reservasi tiket secara online, baik itu menggunakan aplikasi KAI Access pada smartphone, melalu website KAI ataupun melalui aplikasi seperti tiket.com. Selain peningkatan pelayanan dari reservasi tiket kereta api yang sudah online, PT KAI juga melakukan terobosa

Alternative Penggunaan Kata "Very"

Alternatif Kata Very Dalam menggunakan bahasa Inggris cukup banyak terdapat kesalahan yang dianggap wajar oleh sebagian orang. Tetapi, tahukah sobiwan-sobiwati BukanBerkilah bahwa kesalahan yang dianggap wajar oleh masyarakat sebenarnya bisa menjadi sebuah alternative dalam berbahasa. Dan alangkah baiknya kita mengetahui kebenaran dalam berbahasa Inggris itu sendiri agar ketika suatu saat sobiwan-sobiwati berkomunikasi dengan para bule, kalian dapat berkomunikasi dengan benar. Dalam potingan kali ini, gw mau berbagi pengetahuan tentang alternative dalam penggunaan kata “very” dalam berbahasa Inggris. Kenapa gw sebut alternative? Karena ada kata yang lebih layak digunakan, terutama untuk kasus-kasus yang dianggap formal, khususnya penulisan artikel ilmiah, atau bisa juga SKRIPSI kalian. Sobiwan-sobiwati pernah nggak sih menggunakan kata “very” dalam kalimat?

Pengalaman Mengirim Dokumen Berharga Via Tiki

Jasa Pengiriman TIKI Kirim barang lewat jasa pengiriman? Sepertinya hampir semua sobiwan-sobiwati sudah pernah melakukannya. Sekarang jasa pengiriman di Indonesia sudah sangat banyak lho. Tinggal pilih aja mau pakai jasa pengiriman yang mana. Mau Pos, Tiki, JNE ataupun yang lainnya sama saja sih kalo menurut gw. Tetapi, apakah sobiwan-sobiwati ada yang pernah mengirimkan dokumen berharga/surat berharga melalui jasa pengiriman? Kali ini BukanBerkilah mau berbagi pengalaman pertama gw soal pengiriman dokumen berharga melalui Tiki sob. Yuk simak coretan singkat berikut ini.

Cewek "Matre"?

Cewek Matre Memikat hati wanita? Yap! Kebanyakan kaum pria mulai banyak mengeluhkan susahnya memikat hati wanita yang katanya semakin sekarang semakin matre. Lalu ada juga yang bilang kalo sifat matre pun merupakan hal yang alamiah bagi para wanita. Nah, menurut sobiwan-sobiwati gimana nih? Yang setuju matre itu sifatnya cewek mana suaranyaaaaa! Yang setuju cewek cuma suka sama cowok kaya mana suaranyaaaaa! Yosh, kali ini BukanBerkilah akan mencoba mengulas tentang cewek matre yang mana, katanya kebanyakan orang, sekarang sudah semakin bertambah populasinya (wkwkw) . Langsung aja simak coretan singkat tentang sudut pandang BukanBerkilah berikut ini sobiwan-sobiwati.

Tips Mudah Tentukan Jurusan Kuliah

Tentukan Jurusan Kuliah dengan Mudah Wah, sebentar lagi SNMPTN dan SBMPTN nih. Sobiwan-sobiwati yang lagi kelas 3 alias kelas 12 SMA sudah punya rencana mau ngapain setelah lulus? Mau lanjut kuliah? Sudah tau mau kuliah dimana dan jurusan apa? Kalau masih bingung, kali ini BukanBerkilah akan berbagi tips memilih tempat kuliah dan jurusan. Sepengamatan gw, cukup banyak kok yang galau dan bingung mau kiliah apa dan dimana setelah mereka melepas status lulus dari jomblo SMA. Padahal, perlu sobiwan-sobiwati tahu nih, pemilihan tempat dan jurusan menentukan sekitar 50% kesuksesan masa depan, jangan sampai salah memilih dan akhirnya gagal dalam menimba ilmu. Kenapa kok hanya 50%? Karena 50% yang lain adalah kembali lagi ke usaha sobiwan-sobiwati dalam menjalani masa depan kalian. Oke, langsung saja disimak tips memilih tempat kuliah versi BukanBerkilah yang singkat ini: